Rivalitas Dengan BIRU

Tak bisa dipungkiri, sepakbola syarat dengan aroma gengsi. Tak terkecuali dengan rivalitas atau mungkin para suporter lebih menyebutnya dengan musuh abadi.
Saya tak mau membahas apa itu rivalitas, karena mungkin anda lebih paham apa itu rivalitas. Saya hanya ingin berbagi hal unik yang saya tahu ( mungkin ).
Mayoritas rivalitas selalu dengan biru, why? Saya sendiri tidak tahu dan dari hasil baca - baca banyak klub dan suporter memiliki rivalitas dengan biru.

Kita mulai dari luar negeri :
Torcida Split atau mereka biasa menyebut dirinya White Boys dan merupakan Ultras tertua di dunia (1950). Mereka memiliki rivalalitas cukup kuat dengan suporter fanatik dari Dinamo Zagreb, Bad Blue Boys.
Merambah tanah italia, grande partita bertajuk DERBY D ITALIA yang melibatkan pasukan zebra turin alias JUVENTUS ( DRUGHI ) dengan si biru dari milan aka INTERNAZIONALE MILAN ( BOYS SAN INTER ) bahkan derby milan antara ac milan dan inter milan pun cukup panas. Dan tak kalah panasnya derby della capitale alias derby ibukota yang membawa as roma dan lazio dalam rivalitas satu kota paling panas di italy.

Masuk ke dalam negeri
Di mulai dengan perseteruan dua kelompok besar Jak Mania ( oren / persija ) dan Viking / Bobotoh ( Biru / Persib ).
Lalu derby jatim yang tak kalah sengit antara Aremania ( biru / arema malang ) dengan rival mereka Bonek yang merupakan suporter fanatik dari persebaya.
Menuju central java ada jetman ( merah / persijap ) dengan Panser-Snex semarang ( biru / psis ).
Tak kalah sengit adalah derby klasik dan merupakan derby tertua di INDONESIA yaitu DERBY MATARAM. Untuk urusan sepakbola, hubungan solo - jogja tak seindah kehidupan social harian mereka yang cukup dekat, entah faktor apa yang membuat derby klasik ini selalu panas luar dalam. Dan sejarah mencatat rivalitas sepakbola solo - jogja sudah ada sejak era kerajaan lalu berlanjut sampai sekarang di era PASOEPATI SOLO- BRAJAMUSTI/MAIDENT JOGJA.

ada lagi rivalitas dengan si biru? Anda berada di posisi mana? Dan dimanapun posisi anda, disitu anda merasa yang terhebat dibanding rival abadi anda.
Keep support your local team
 
Powered by Blogger.